Varietas Anggur Moondrop atau Sweet Sapphire

Sweet sapphire atau Moondrop merupakan salah satu varietas anggur persilangan antara BEITA MOUNI dan C 22- 121 varietas ini dikembangkan di California USA oleh dua pekebun besar yaitu International Fruit Genetics LLC yang memberi nama dagang dengan sebutan Sweet Saphire dengan prime name IFG SIX dan Grapery yang memberi nama dagang dengan sebutan Moondrop. Walaunpun berbeda nama namun kedua pekebun besar ini berasal dari wilayah yang sama yaitu California USA. Bagi teman-teman yang mendatangkan anggur ini dari Ukraina maka jangan heran jika anggur ini diubah namanya menjadi varietas anggur Avatar agar tidak bermasalah dengan merk dagang yang sudah dimiliki kedua pekebun besar tersebut, sedangkan varietas Avatar sendiri bersifat bebas dan bisa dipakai siapa saja tapi konsekuensinya nama varietas anggur Avatar tidak setenar dua nama varietas anggur Sweet sapphire atau Moondrop.

Anggur Moondrop Belum Matang
Anggur Moondrop Belum Matang

Sweet sapphire memiliki bentuk buah yang unik karena pada bagian ujungnya seperti ada udel-udel atau pusar, bentuk buahnya juga memanjang seperti jari walau tanpa hormon gibberellic acid (GA3). Keistimewaan lainnya anggur ini tidak berbiji atau seedless dengan tekstur garing/crispy dan rasa manis yang tidak membosankan jika memakannya dengan brix 21-24 bahkan lebih jika lebih matang lagi. Saat matang anggur jenis ini berwarna hitam atau dalam dunia internasional berwarna noir.

Anggur Sweet Saphire
Anggur Sweet Saphire Matang Hampir Dipanen

Kesan saya terhadap varietas anggur jenis moondrop adalah pertumbuhannya cepat, responsif terhadap pupuk sehingga teman-teman harus berhati-hati jika ingin memberikan pupuk pada varietas moondrop karena jika berlebihan maka sangat berpotensi sekali terjadi overdosis dan jika sudah terjadi overdosis maka kemungkinan besar pohon moondrop teman-teman akan mati, jadi berikan pupuk sesuai dosis dan jika teman-teman masih ragu terhadap dosis yang diberikan maka berikan pupuk setengah dosis dari ketentuan label pupuk. Ketahan terhadap jamur mildew dan rot menurut saya sedang (moderate) cocok untuk pemula dengan pengalaman minimal tahu cara menggunakan fungisida dan tidak disarankan ditanam pemula yang tidak ada pengalaman sama sekali. Menurut catatan yang saya miliki varietas moondrop mampu dibuahkan di Indonesia paling cepat setelah 10 bulan menanamnya dari awal.

Moondrop Buah Perdana
Buah Perdana Sweet Sappire (belajar berbuah)

Saat belajar berbuah atau berbuah perdana anggur moondrop sama seperti anggur jenis lainnya yaitu dompolannya tidak terlalu panjang dan kemungkian masih ada biji yang muncul dengan jumlah sedikit, jadi sabar saja menunggu pembuah berikutnya untuk hasil yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

Moondrop Veraison Menjelang Matang
Moondrop Veraison / Perubahan Warna Menjelang Matang

Sebagai gambaran umum silahkan teman-teman menonton video tentang anggur Anggur Moondrop atau Sweet Safir yang telah berbuah di Indonesia pada channel youtube HiipHooray di bawah ini:


Model pemangkasan Sweet Saphire yang saya ketahui adalah menggunakan short spur pruning dan juga bisa menggunakan medium spur pruning atau bahkan lebih panjang lagi menggunakan cane pruning. Model pemangkasan Short spur artinya pohon anggur moondrop dipangkas pada cabang tersier dengan menyisakan cabang tersier dengan 1-3 mata tunas, sedangkan pemangkasan medium spur artinya menyisakan cabang tersier dengan 4 sampai 6 mata tunas. Saran dari IFG varietas sweet saphire ini baiknya dipangkas menyisakan lebih dari 2 mata tunas atau lebih panjang lagi yang berguna untuk proteksi dari pembakaran sinar matahari, saat berbuah buang 2-3 daun dekat dompolah buah namun usahakan jangan sampai buah terkena panas berlebih dari matahari usahakan dompolah buah di bawah perlindungan daun-daun yang lain. Varietas anggur jenis moondrop ini juga dapat dibuahkan dengan potes pucuk yaitu dengan cara cara menumbuhkan pohon anggur sesubur-suburnya lalu perhatikan daunnya sampai menua setelah daunnya terlihat semuanya hijau tua, lalu teman-teman melakukan protes pucuk. Sebelum dilakukan potes pucuk lakukan pemupukan terlebih dahulu menggunakan pupuk pembuahan apa saja yang teman-teman percaya, untuk kimia bisa menggunakan percampuran antara pupuk boron, kno3 dan MKP (semua dicampur), sedangkan untuk pemupukan organik bisa menggunakan 'Pupuk Organik Cair (POC) Pembuahan HiipHooray Versi 2' yang teman-teman dapat temukan di channel youtube HiipHooray.

Rootstock atau batang bawah yang direkomendasi dari IFG adalah menggunakan Freedom untuk pematangan lebih cepat. Dompolan banyak, ukuran buah lebih besar, dan keseragaman pematangan dapat dihasilkan dengan menggunakan rootstock 1103 Paulsen dengan resiko pematangan lebih lama. Di Indonesia tanaman ini dapat dibungakan dengan rootstock beragam seperti isabella dan caroline black rose (CBR).

Jika teman-teman sudah ada yang menanam mondrop dan ingin memberikan kesannya menanam anggur jenis ini agar dipublikasikan di website ini silahkan kontak kami.

Bibit anggur moondrop atau sweet sapphire dapat dibeli secara online dengan membuka link Tokopedia ini atau silahkan kontak kami.

Sumber artikel ini: