Varietas Anggur Akademik / Academician (Pam.Dzheneev, Ak.Avidzba)

Varietas Anggur Akademik merupakan aksara Indonesia sedangkan dalam akasara latin inggris bernama Academician dengan nama lainnya Pam. Dzheneev, dan Ak.Avidzba. Varietas ini hasil persilangan dari National Institute of Grape and Wine "Magarach". Varietas ini didapat dengan cara generatif/biji hasil persilangan antara Gift Zaporozhye and Richelieu.

Anggur Akademik
Anggur Akademik

Anggur akademik merupakan varietas yang berwarna hitam berbentuk oval salah satu anggur favorit yang ditanam para penghobi anggur terutama yang baru belajar menanam anggur karena sudah banyak sekali testimoni bahwa anggur ini mudah dibuahkan walau hanya ditanam di dalam pot.

Model pemangkasan anggur akademik berkisar diantara 5-8 mata tunas tersier yang artinya anggur ini dapat dibuahkan dengan medium-spur pruning, cane pruning, maupun rod pruning. Jika tidak mau repot bisa menggunakan model pemangkasan 50:50 atau bisa foundation pruning.

Kesan dan pengalaman saya terhadap varietas ini di indonesia adalah anggur akademik memiliki masa pematangan cepat (early) sekitar 115 hari. Anggur akademik tahan jamur walaupun sering hujan namun jika akhirnya terkena jamur pun varietas ini mampu bertahan. Anggur ini pada dasarnya berbentuk oval namun kalau diberikan GA3 bisa menjadi sangat panjang, Anggur ini memiliki citarasa yang tidak bisa anda dapatkan di anggur pasaran dengan rasa manis harmonis. Anggur ini mudah berbuah dengan dengan syarat media tanam tidak terlalu basah. Anggur ini dapat dibuahkan pada batang primer, sekunder, tersier, maupun subcane.

Berikut ini ulasan video anggur jenis akademik yang berbuah pertama kalinya dalam pot ukuran diameter sedang, varietas ini akan semakin banyak dompolannya seiring dengan bertambahnya usia dan perawatan yang baik


Bagi teman-teman yang ingin memberikan kesan, pendapat, dan foto anggur akademiknya terpublish di website ini silahkan kontak kami.

Cara mudah mendapatkan bibit ini secara online dapat membuka link Tokopedia ini atau silahkan kontak kami.