Buah Murbei atau Mulberry Varietas SUJU (Super jumbo)

Buah murbei atau mulberry merupakan salah satu tanaman buah yang dapat berbuah tanpa mengenal musim. Tanaman buah ini mampu berbuah pada musim panas maupun musim hujan, walaupun tanpa perlakuan khusus tanaman ini tetap mampu berbuah jadi tanaman ini cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau ditanam langsung di tanah sebagai pengisi kekosongan tanaman buah yang lain.

Murbei / Mulberry SUJU
Buah murbei varietas SUJU di dalam keterbatasan media tanam (pot)

Varietas murbei / mulberry SUJU ini mampu menghiasi pekarangan kita dengan buah-buahnya tanpa khawatir berhenti berbuah, kecuali tanaman sedang masa vegetatif memang akan hanya tumbuh batang dan daun saja. Jika sudah masuk usia produksi teman-teman bisa memanennya tiap hari namun  jangan lupa tetap dijaga pemupukannya agar tanaman selalu dapat nutrisi yang dibutuhkan.

Murbei SUJU rasanya manis jika sudah berwarna hitam namun akan terasa asam jika masih berwarna merah, tetapi bagi teman-teman yang senang dengan rasa manis ada asamnya maka pilih buah yang berwarna hitam kemerahan.

Mulberry SUJU Manis

Mulberry SUJU Manis
Mulberry SUJU berwarna hitam, rasa manis sempurna.

Anak-anak menyukai murbei jenis ini walaupun belum matang sempurna karena anak-anak senang buah-buahan manis keasaman, jadi jangan heran jika teman-teman menanam di luar rumah kemungkinan buahnya akan habis dipetik anak-anak atau bahkan orang tuanya walaupun buahnya belum hitam.

Murbei Super Jumbo atau SUJU yang saya punya ini berasal dari teman saya yaitu om Puguh yang saya tanam pada Agustus 2018 dan kebetulan tanaman murbei yang dia punya sudah ditebang karena tepat penanamannya dipakai untuk bangunan yang difungsikan untuk hal lain dan syukurnya saya masih memiliki tanaman murbei Super Jumbo hingga saat dan alhamdulillah saya sudah menanam lebih dari 3 pohon baik ditanam di tanah maupun di dalam pot/polybag. Tanaman murbei jenis Suju ini ini sudah mulai berbunga di saat saya menyemainya pertama kali dan walaupun ditanam di dalam polybag kecil tetap mengeluarkan bunga.

Bunga Mulberry Keluar Saat Menyemai

Penyakit tanaman murbei ini seingat saja tidak ada, namun perlu diperhatikan masalah peletakannya agar daunnya tetap indah dipandang mata yaitu dengan tidak meletakan pohon ini di bawah tempat yang terlalu teduh karena bisa membuat daunnya muncul putih-putih, walaupun ada putih-putihnya tanaman ini tetap bisa berbuah.

Bercak Putih Murbei
Jamur Putih Disaat Meletakan Tanaman Di Tempat Terlalu Teduh

Awalnya saya hanya ingin melihat ukuran dan produktivitas  tanaman ini dengan cara menanam murbei ini di dalam polybag, lalu saya menanam di tanah untuk memastikan lagi produktivitasnya dan setelah menanam hampir 2 tahun saya memutuskan untuk memperbanyak tanaman murvei varietas SUJU ini lebih lanjut agar diketahui produktivitas dan daya tahannya terhadap penyakit di seluruh Indonesia.

Review Murbei SUJU yang berbuah di dalam pot

Kecepatan tumbuh pohon mulberry ini jika ditanam dalam polybag/pot lebih lambat dibandingkan kalau kita tanam langsung di tanah, perbandingannya bisa berkali-kali lipat tingginya antara ditanam di polybag maupun di tanah. Hasil pengamatan saya membandingkan tinggi pohon yang ditanam di polybag hanya sekitar 50 cm, sedangkan yang ditanam di dalam tanah tingginya 2 meter lebih, padahal usianya kurang lebih sama, begitu pula dengan besar buahnya berbeda jika ditanam di tanah maka akan dihasilkan ukuran yang lebih besar dibandingkan di tanam di pot. Teman-teman yang menanam tanaman murbei SUJU atau Super Jumbo di pekarangan rumah untuk dikonsumsi sendiri kemungkinan akan cukup untuk petik setiap harinya jika tanaman sudah masuk masa produksi, tetapi kalau tetangga banyak yang suka sepertinya tidak cukup kalau hanya tanam satu pohon.

Produktivitas Murbei
Disaat buah berwarna merah akan disusul bunga baru lainnya